Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien

Oleh : Widya Agustia Iskandar – Mahasiswi Universitas Pamulang

Time management merupakan salah satu keterampilan penting yang dibutuhkan setiap individu yang merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai sebuah goals hidup.

Time management adalah tindakan dan proses perencanaan yang pelaksanaannya membutuhkan kontrol sadar atas sejumlah waktu yang akan digunakan untuk melakukan sebuah aktivitas agar dapat efisien dan efektif.

Time management membutuhkan sejumlah skill, alat, dan teknik yang digunakan dalam mengelola waktu untuk menyelesaikan tugas atau proyek dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Namun bagaimana seorang menggunakan waktu kerja secara produktif supaya bisa melakukan semua tugas dan tetap mendapatkan kekuatan untuk tugas-tugas berikutnya merupakan tantangan penting dalam diri setiap individu.

Waktu adalah sumber daya yang pasti namun dengan mudah bisa berlalu tanpa bisa kembali untuk digunakan pada kesempatan berikutnya.

Pentingnya Time Management

Masalah time management merupakan hal umum bagi banyak orang. Banyak orang mengakui dan merasakan tentang perlunya time management, tetapi dalam kenyataannya mereka tidak memerhatikan dan menerapkannya dalam kehidupan.

Time management dianggap berat bagi banyak oang kerena kurangnya keterampilan dan keberanian dalam mengembangkan dan menerapkan time management dalam kehidupan.

Time management yang bagus sangat penting untuk mengatasi tekanan-tekanan dari dunia modern ini tanpa mengalami terlalu banyak stres.

Time management yang bagus tidak berarti melakukan banyak pekerjaan, melainkan berfokus pada tugas setepatnya dan membuat perbedaan.

Apakah di dalam pekerjaan atau di kehidupan secara keseluruhan, seorang harus belajar bagaimana mengelola waktu secara baik, yang akan membantu merasa lebih relaks, fokus, dan terkontrol.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Time Management

Untuk mengelola waktu secara efektif, masing-masing harus memiliki gambaran yang jelas mengenai prinsip-prinsip serta nilai utama kehidupannya.

Seorang butuh menginvestasikan sumber daya berharga dari waktu untuk hal yang sangat penting, satu tantangan mendasar time management yang efektif adalah memahami perbedaan antara “urgent” dan “important”, “mendesak” dan “penting”.

“Mendesak” sendiri tidak membuat tugas itu penting. Hal “penting” itu terkait dengan prinsip pribadi. Prioritas bisnis yang menentukan hal penting dari kerja. Dengan kejelasan misi dan tujuan pribadi, waktu dijadwalkan dengan tujuan definitif dalam hati.

Time management yang efektif tidak datang begitu saja secara alami, melainkan untuk terhindar dari bekerja mati-matian pada saat yang sudah mepet, sebaliknya dapat kesempatan besar sukses dalam bisnis, penerapan time management merupakan hal sangat penting untuk dilakukan. Pengaturan waktu yang sudah dibuat, harus diperhatikan dengan baik.

Untuk membuat time management yang baik, penetapan yang baik diperlukan mengenai apa saja yang penting dalam kehidupan, kehidupan keluarga, dan kehidupan organisasi.

Time management yang baik mestinya berkaitan dengan pencapaian dan perwujudan misi dan tujuan penting kehidupan, keluarga, dan organisasi.

Time management yang baik sangat penting dalam menghadapi berbagai tekanan kehidupan modern tanpa harus mengalami banyak stres.

Time management bukan berarti seseorang harus mengerjakan banyak pekerjaan, melainkan bahwa ia fokus atas tugas utama yang ditetapkan.

Bagikan
Exit mobile version