Menuju Teknologi Persampahan, Sanusi Kunjungi Denmark

Malang,mitratoday.com – Bupati Malang, HM Sanusi beserta rombongan di ketahui tengah melakukan kunjungan kerjanya ke Denmark sejak beberapa hari lalu.

Selain Sanusi, dalam kunjungan kali ini di rinya juga di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Hj Anis Zaidah Sanusi, dan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup, Renung Rubiyartadji.

Dihubungi lewat Whatsapp, Sanusi mengatakan kunjungan kerja tersebut untuk menindaklanjuti kesepakatan antara Pemerintah dengan sebuah lembaga perlindungan lingkungan Denmark melalui Program Strategic Sector Cooperation in Circular Economy and Solid Waste Management.

“Ya ini kan bagian dari hasil kerja sama antara Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 dan deputi Badan Perlindungan Lingkungan Denmark,” kata Sanusi via telepon Whatsapp, Kamis (30/6/2022).

Disana lanjut Sanusi, dirinya banyak belajar tentang pengelolaan sampah terutama sampah organik untuk didaur ulang dengan memanfaatkan teknologi meliputi komposting maupun biogas.

“Kan nantinya sesuai Kebijakan Dan Strategi Nasional (Jakstranas) , 70 persen solusi pengembangan limbah sampah ini kan lebih kepada penggunaan energi,” imbuh Sanusi.

Denmark sendiri lanjut Sanusi merupakan salah satu negara yang di nilai memiliki teknolgi pengelelolaan sampah terbaik di dunia, mulai sampah organik dan biogasnya.

“Teknologi tersebut nantinya bakal di adopsi dan di kembangkan di Kabupaten Malang. Mulai manajemennya, metode teknologi pengolahan sampah, hingga merubah pola perilaku masyarakat Kabupaten Malang.” Imbuh Sanusi.

Sementara Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang menjelaskan, ada 5 Kabupaten/Kota se Indonesia yang bakal di jadikan Pilot Project tekonologi pengelolaan sampah Nasional.

Selain Kabupaten Malang, Bukittinggi, Kota Jambi, Kota Banda Aceh serta Kota Depok menyusul nantinya Sidoarjo, payahkumbu, solok, dan sawahlunto.

“Menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Malang saat terpilih menjadi pilot project persampahan Nasional. Bagi kami di Pemerintahan kepercayaan seperti ini tidak terlepas dari kerja keras dan komitmen Bupati yang terus memajukan Kabupaten Malang, salah satunya melalui teknologi pengelolaan sampah ini,” tutup Firmando.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version