Pagelaran Wayang Tutup Bersih Desa Sitirejo

Malang,mitratoday.com – Pagelaran wayang kulit semalam suntuk menutup rangkaian kegiatan Bersih Desa Sitirejo sabtu malam (10/9/2022). Hal ini dikatakan Kades Sitirejo Buang Suharja yang menyebut jika kegiatan bersih desa tersebut sudah mulai sejak bulan Agustus lalu.

Mulai gerak jalan, pawai budaya, santunan dan acara puncak sekarang ini dengan pagelaran Wayang Kulit,” kata Buang Suharja.

Bersih desa seperti ini lanjut Buang adalah tradisi yang sudah berjalan turun temurun. Kata dia bersih desa seperti merupakan bentuk rasa syukur semua warga desa atas karunia yang diterima desa Sitirejo.

Berkat anugerah Allah, lanjut Buang kehidupan masyarakat desa cukup makmur, pembangunan juga cukup banyak terjadi di desa Sitirejo. Sebagai desa penyangga kota, saat ini semua potensi ekonomi juga semakin meningkat.

Kendati demikian, diakuinya masih banyak yang harus dibenahi dan dikerjakan agar membawa manfaat bagi masyarakat, terutama infrastruktur.

“Untuk itu kami tadi mohon ke Pak Bupati untuk dibantu perbaikan jalan dan PJU, dan Alhamdulillah di respon,” ulas Buang Suharja.

Ia pun berharap dengan bersih desa semacam ini, Desa Sitirejo akan semakin maju dan masyarakat semakin makmur sesuai dengan visi dan misi Bupati yakni Malang Makmur.

Sementara Bupati Malang, HM Sanusi sangat mengapresiasi digelarnya Bersih Desa semacam ini. Menurutnya Bersih desa seperti ini adalah bentuk syukur warga kepada Allah atas anugerah yang diterima selama ini.

“Ya seperti inilah yang seharusnya dilakukan, kita musti perbanyak bersyukur agar nikmat ini ditambah oleh Allah dan jangan lupa bersedekah,” ujar Sanusi.

Ia menilai desa Sitirejo sebagai penyangga kota saat ini sudah banyak perubahan, kehidupan masyarakatnya sudah semakin maju dan makmur. Terlebih dari laporan yang ia terima saat ini di desa Sitirejo tengah berinovasi meningkatkan perekonomian desa dengan budidaya ikan Nila.

Menurutnya inovasi seperti ini adalah usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membuat produk unggulan desa.

“Budidaya Nila seperti ini jika dikembangkan, maka bisa menjadikan ekonomi masyarakat semakin meningkat, sesuai dengan program kita di Pemerintah yakni One Village One Product. Maka tadi saya minta Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan untuk membina secara intensif. Harapan saya Desa Sitirejo Wagir ini akan jadi salah satu sentra Budidaya Nila di Kabupaten Malang,”pungkas Sanusi.

Dengan kebersamaan dan gotong royong ia meyakini kedepan kehidupan masyarakat desa Sitirejo akan semakin maju dan berkembang.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version