Pangdam Warsito Pantau Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden Joko Widodo

Sulut, Mitratoday.com – Kodam XIII/Merdeka menggelar apel gelar pasukan Pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI ke wilayah Provinsi Sulut, Selasa (14/11/2017) di lapangan Koni Sario, Manado. Danrem 131/Santiago mengecek langsung secara fisik kesiapan personel dan materil dari satuan masing masing yang terlibat langsung dalam pengamanan.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak selaku Dansatgas Pam VVIP dan Kasi Ops Korem 131/Santiago Kolonel Inf David Hasibuan.

Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Pam VVIP Mayjen TNI Ganip Warsito dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dansatgas Pam VVIP Brigjen TNI Sabar Simanjuntak mengatakan bahwa, kegiatan apel gelar pasukan ini merupakan bagian dari pengecekkan kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP, baik kesiapan organisasi, personil, materil, peralatan serta kesiapan sarana prasarana lainnya.

“Tugas pengamanan VVIP itu pada prinsipnya adalah tugas seluruh aparat keamanan dan pemerintah daerah,namun secara khusus hal ini merupakan leading sektor institusi TNI”, tutur Simanjuntak.

Lanjut Ganip kepada seluruh personil Satgas Pam VVIP serta pihak terkait lainnya, dia menekankan beberapa hal penting untuk dipedomani dan dipatuhi sesuai dengan kapasitas masing-masing, diantaranya ; pertama, sebagai prajurit Bhayangkari harus pedomani dasar hidup keprajuritan dan ke Bhayangkarian, kedua, Pegang teguh disiplin dan prosedur tetap pelaksanaan tugas sesuai ketentuan dan perundang Undangan yang berlaku, ketiga, lakukan kordinasi, integrasi dan komunikasi dengan seluruh anggota Satgas yang terlibat, sehingga jika terjadi permasalahan di lapangan dapat diselesaikan secara cepat, tepat dan tuntas, Keempat pedomani rantai Komando dan ketentuan operasi yang ada.

“Saya tekankan bahwa keselamatan Presiden RI adalah Kehormatan dan harga diri bangsa Indonesia, dimanapun beliau berada dan beraktivitas bersama rombongan di daerah harus menjamin keamanan”, terangnya.

Tanggung Jawab utama keamanan dan keselamatan dalam kunjungan Presiden RI dan rombongan adalah Pangdam XIII Merdeka dan Kapolda Sulut.

Dalam apel tersebut dibatkan kurang lebih 1000 personil serta di tinjau langsung oleh Pangkoops Pam VVIP Mayjen TNI Ganip Warsito, serta turut dihadiri oleh Asisten Intel Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Eko Prayitno, Kahub Kodam XIII/Merdeka Kolonel Chb Totok Surahman, Kakes Kodam XIII/Merdeka Kolonel Ckm Dr. Benny Untu, Kasi Intel Korem 131/Santiago Kolonel Arm Soegeng Riadi, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama, Kadis Ops Lanud Sri/Manado Letkol Pnb Abram Tumanduk, WadanPom Kodam XIII/Merdeka Letkol Cpm Daniel Prakoso, Karo Ops Polda Sulut Kombespol Drs Kristono dan Wakapolresta Manado AKBP Enggar Brotoseno.

Laporan : Effendy Iskandar

Bagikan
Exit mobile version