Pimpin Upacara Hari Jadi Kabupaten Malang, Pemerintah Beberkan

Malang,mitratoday.com-Sejumlah prestasi ditorehkan Pemerintah Kabupaten Malang sejak tahun 2021 . Hal ini diterangkan Bupati Malang Sanusi saat memimpin upacara Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1262 di halaman Pendopo Pemkab Malang senin (28/11/2022).

Sanusi mencatat setidaknya 29 penghargaan berhasil ditorehkan di tahun 2022 ini. Tidak hanya lokal tapi penghargaan nasional berhasil diraih pemerintah berhasil ditorehkan.

Ini berkat kerja keras kita bersama , tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat yang terus mendukung program pembangunan di Kabupaten Malang, sehingga sejumlah penghargaan berhasil ditorehkan,”kata Sanusi.

Kendati demikian diakui Sanusi masih banyak yang harus dibenahi dan ditingkatkan untuk mewujudkan tekad Malang Makmur, salah satunya adalah di sektor layanan publik. Data ombudsman menyebut masih ada sekitar 36 persen layanan publik yang mendapatkan raport merah diantaranya Pendidikan dan Kesehatan. Sementara di sektor lainnya disebut Sanusi layanan publik di Kabupaten Malang sudah berhasil mencapai angka 76 persen.

“Karena itulah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memperbaiki kualitas layanan publik tersebut,caranya adalah dengan berkolaborasi antar lembaga dan masyarakat agar layanan publik di Kabupaten Malang semakin baik,”ulas Sanusi.

Ia menambahkan tidak hanya pembenahan atau perubahan saja yang musti dilakukan. Upaya pembenahan juga dilakukan disektor lainnya yakni soal aset Pemkab Malang yang berhasil diselamatkan. Setidaknya ada sekitar 3 ribu aset yang belum bersertifikat dan masih banyak aset yang diklaim milik masyarakat dan bahkan sudah berdiri rumah yang lantas digugat warga.

Sanusi mengaku prihatin dengan kondisi seperti ini. Bahkan ditragedi Kanjuruhan, dirinya mengaku juga tengah digugat. Ini memerlukan kolaborasi dan sinergi agar semua permasalahan di Kabupaten Malang dapat diselesaikan dengan baik.

Untuk itu lewat momentum Hari Jadi Kabupaten Malang ke 1262 ini dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama memajukan Kabupaten Malang agar semakin maju dan berkembang serta perekonomian yang terus meningkat.

Tekad tersebut lanjut Sanusi agaknya tidak berlebihan dengan melhat geliat ekonomi masyarakat yang terus tumbuh, bahkan terjadi secara mandiri. Seperti desa marketing digital di Donomulyo, disana masyarakatnya disebut sudah mandiri menciptakan lapangan pekerjaan. Ini menjadi salah satu contoh kemandirian ekonomi masyarakat yang tumbuh di Kabupaten Malang.(Sigit)

Bagikan
Exit mobile version