Proyek Peningkatan Jalan DPUBM Baru Di Mulai, Progresnya Masih 10 Persen

Malang,mitratoday.com – Proyek peningkatan dan perbaikan jalan bernilai miliaran rupiah milik Dinas PU Binamarga sudah dimulai pengerjaannya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Malang Ir.Romdhoni kepada Mitratoday.com.

Proyek – proyek tersebut diantaranya dari Krebet – Gondanglegi, Pagak – Sumbermanjing Kulon – Donomulyo dan Wagir – Gunung Kawi.

“Alhamdulillah ini sudah mulai jalan, meski progresnya masih di bawah 10 persen,” ujar Romdhoni, Selasa (19/7/2022).

Minimnya progres pembangunan jalan tersebut, lanjut Romdhoni lantaran selain proses lelang yang barusan rampung juga ada desain – desain jalan yang harus digarap.

Seperti di Krisik, Romdhoni menjelaskan, ada beberapa ruas yang akan di cor beton. Sementara sisanya sekitar 3,3 kilometer hingga batas Kabupaten Blitar memerlukan adanya pelebaran jalan dengan menyesuaikan kondisi jalan sehingga dapat meningkatkan kecepatan kendaraan.

“Teknisnya adalah dilakukan pelebaran sekitar 6 meter ditambah bahu jalan keras untuk kemudian di lakukan pengaspalan ulang,” urai Romdhoni.

Untuk bisa tembus hingga Kabupaten Blitar, Romdhoni menyebutkan jika memakan biaya cukup besar. Untuk itu pihaknya sudah mengajukan untuk ditangani Pemprov Jatim. Hal sama juga dilakukan Pemkab Blitar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang.

Sejak bulan April lalu , usulan tersebut, kata Romdhoni sudah diajukan ke Pemprov Jatim, kendati demikian hingga saat ini usulan tersebut tak kunjung mendapatkan jawaban. Jika sudah ditangani Pemprov Jatim, maka beban Pemkab Malang sendiri akan sedikit berkurang.

Di Kabupaten Malang sendiri, sejatinya banyak jalan yang sudah waktunya dihandle Pemprov Jatim, karena sudah banyak yang secara fungsi, dilewati berbagai macam kendaraan berat. Ia mencontohkan seperti di Jalibar Kepanjen yang menjadi salah satu ruas jalan utama menuju Blitar dan membutuhkan pemeliharaan berat.

“Seumpama panjang jalan disana (Jalibar) sekitar 5 kilometer dan ada dua jalur, kan total nya sekitar 10 kilometer. Nah jika anggaran pemeliharaannya hanya Rp 5 miliar ya dapatnya berapa persen paling hanya sekitar 25 persen,” beber Romdhoni.

Untuk itulah Pemkab Malang banyak mengusulkan status jalan yang ada kepada Pemprov Jatim atau ke Kementerian PUPR. Yang sudah nyantol sebut Romdhoni adalah di Gondanglegi ke Balekambang sepanjang sekitar Rp 33 kilometer.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version