Puskesmas Prototype Di Kabupaten Malang Bakal Bertambah

Malang,mitratoday.com – Puskesmas Prototype di Kabupaten Malang terus digarap Pemerintah.

Ditahun 2022 ini, dua Puskesmas di ketahui tengah di desain Dinas Kesehatan menjadi puskesmas dengan fasilitas yang lebih lengkap sesuai standart Puskesmas Prototype Kementerian Kesehatan.

Dua Puskesmas yang di prioritaskan tersebut meliputi Puskesmas Pakisaji dan Puskesmas Singosari. Kedua Puskesmas tersebut kata Plt Kadinkes, Mursyidah di nilai sangat urgent untuk segera di tingkatkan statusnya menjadi Puskesmas Prototype menyusul Puskesmas Sumbermanjing Wetan dan Wonokerto Bantur.

“InsyaAllah secara bertahap akan kita desain layaknya Puskesmas Prototype seperti di Wonokerto Bantur dan Sumbermanjing Wetan,” kata Mursyidah dihubungi usai membuka sosialisasi penanganan Stunting di salah satu Hotel di Landungsari,  Senin (4/7/2022).

Mursyidah menilai kedua Puskesmas tersebut tidak layak dan tidak representatif. Ia mencontohkan seperti di Puskesmas Pakisaji yang terletak di ujung pertigaaan jalan Raya Pakisaji.

Menurutnya dengan letak puskesmas seperti itu, selain dari gedung yang tidak layak, arus keluar masuk kendaraan operasional seperti Ambulance akan terhambat,ditambah ruangan puskesmas yang kurang representatif.

“Karena itulah Pemerintah dalam hal ini melalui Bapak Bupati mengambil kebijakan untuk dijadikan Puskesmas Prototype yang lebih representatif dan layanan yang lebih lengkap,” terang Mursyidah.

Untuk itu, lanjut Mursyidah sesuai perintah Bupati, Puskesmas Pakisaji kini mulai menempati gedung ex Kantor Dinas Ketahanan Pangan di jalan Raya Karangduren Pakisaji.

“Sementara kantor Dinas Ketahanan Pangan sendiri menempati gedung ex Puskesmas Pakisaji.” Tandasnya.

Hal sama juga terjadi di Puskesmas Singosari yang rencananya bakal menempati gedung ex Kantor Disparbud.

“Kedua bangunan gedung ex Perkantoran di Pakisaji dan Singosari tersebut dinilai sangat layak menjadi Puskesmas Prototype.” Pungkasnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI dikedua gedung tersebut mampu menampung sekitar 10 hingga 20 Tempat Tidur.

“Sementara luas lahannya sendiri sudah lebih dari 2.700 meter persegi sesuai aturan Permenkes tersebut.” Tuturnya.

Secara bertahap, beber Mursyidah, beberapa Puskesmas yang dinilai lokasinya sudah tidak strategis dan memadai ini akan didesain menjadi Puskesmas Prototype.

Opsinya bisa melalui membangunan Puskesmas dilahan baru atau dengan memanfaatkan gedung Perkantoran milik Pemerintah yang lebih representatif.

“Harapannya kedepan semua Puskesmas Di Kabupaten Malang ini akan menjadi Puskesmas Prototype dengan fasilitas yang semakin lengkap,” tutup Mursyidah.

Tahun kemarin Dinkes telah berhasil membangun dua gedung Puskesmas baru yang representatif.

Keduanya adalah Puskesmas Sumbermanjing Wetan dan Puskesmas Wonokerto yang diresmikan Bupati,  Malang HM Sanusi beberapa waktu lalu.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version