Sampah Di Kabupaten Malang Disebut Tembus 100 Ton Perhari

Malang,mitratoday.com – Masalah sampah seolah tidak ada habisnya menjadi problem tersendiri. Seperti di Kabupaten Malang, setiap harinya bisa tembus 100 ton yang sebagian besar berasal dari sampah rumah tangga.

Ini sangat merepotkan Pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” kata Bupati Malang Sanusi, Senin (5/9/2022).

Parahnya, bau sampah dari keluarga ini lanjut Sanusi baunya cukup menyengat karena bercampur dengan berbagai macam kebutuhan keluarga seperti makanan yang tidak termakan dan dibuang.

Untuk itu dirinya meminta kepada semua masyarakat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi masakan maupun makanan.

Masak secukupnya jangan berlebihan, seperti kebiasaan di Denmark, disana warganya itu masak cukup sekali makan saja, nanti kalo kepingin apa masak lagi jadi gak ada makanan yang terbuang,” tukas Sanusi.

Ia juga mengungkapkan sisi negatif dari makan yang berlebihan. Menurutnya dengan makan makanan secara berlebihan bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti kolesterol maupun asam urat dan diabetes.

Jika dijalankan, lanjut Sanusi problem persampahan di Kabupaten Malang bisa teratasi dengan baik. Namun justru sebaliknya jika budaya masyarakatnya selalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan maka selain berimbas terhadap sampah yang terus menumpuk juga berakibat ke resiko penyakit.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version