Setiap Tahun 900 Tenaga Pendidik di Kabupaten Malang Pensiun

Pewarta : Sigit

Malang,mitratoday.com-Dinas Pendidikan Kabupaten Malang mengungkapkan setiap tahunnya jumlah tenaga pendidik yang memasuki masa pensiun mencapai sekitar 900 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah sekolah, maka kebutuhan tenaga pendidik menjadi harga mati yang harus dipenuhi Pemerintah.

Kadindik Kabupaten Malang Rachmad Hardijono menyebut saat ini di Kabupaten Malang jumlah sekolah mencapai 1.065, dari SD hingga SMP.

“Sementara jumlah guru yang ada, mencapai sekitar 11 ribu orang tenaga pendidik. Sangat tidak berimbang ya, sedangkan kuota kabupaten Malang sangat terbatas, setahu saya sekitar 2 ribu orang,” beber Rachmad selasa (30/12021).

Untuk menutup kekurangan tenaga pendidik dari PNS tersebut, pihaknya memaksimalkan peran guru GTT maupun tenaga honorer yang ada.

“Selain itu juga dengan mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk menambah kuota ASN tenaga Pendidik.” Tandasnya.

Meski untuk merekrut ASN tenaga Pendidikan, Pemerintah mengeluarkan peraturan baru yaitu PP nomor 7 tahun 2021. Salah satunya berisi persyaratan tenaga pendidik.

“Tujuannya agar perekrutan tenaga pendidik ini gak seenaknya, harus memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan di PP tersebut. Terlebih untuk guru SMP ini lebih rumit lagi karena per mata pelajaran,” pungkas Rachmad Hardijono.

Bagikan
Exit mobile version