Stadion Kanjuruhan Butuh Perhatian Pemerintah

Malang,mitratoday.com – Kondisi stadion Kanjuruhan sebagai Ikon Kabupaten Malang nyatanya berbanding terbalik jika melihat kondisinya saat ini.

Pasalnya stadion terbesar se Malang Raya tersebut menyimpan sejuta sejarah olahraga, terutama pernah menjadi kandang tim sepakbola Arema.

Sayangnya saat ini kondisi stadion Kanjuruhan justru sangat memprihatinkan. Dari pengamatan Mitratoday.com, selain cat stadion yang terlihat sudah memudar dan terkesan usang , banyak atap stadion yang mengalami kerusakan. Hal ini juga diakui Kepala Dinas Pemuda Olahraga, M Nazarudin Selian Hasan.

Ia mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat banyak melihat kondisi stadion Kanjuruhan yang membutuhkan perawatan tersebut.

“Ya karena kita tidak ada anggaran untuk pemeliharaan stadion Kanjuruhan, makanya kita tidak bisa berbuat banyak,” ujar Nazarudin rabu (2/3/2022).

Ia menambahkan dengan kondisi stadion Kanjuruhan seperti itu, ada sekitar 30 persen yang membutuhkan perawatan, di antaranya lampu stadion, pengecatan ulang stadion terutama tribun penonton, dan paling utama atap stadion dan atap di dalam ruangan stadion.

Nazarudin mengungkapkan sebenarnya pihaknya sudah mengajukan anggaran APBD tahun 2022 sebesar Rp 10 miliar untuk melakukan perawatan, namun diakui pengajuan yang dilakukan Dispora tidak disetujui.

“Kita sudah ajukan tapi mungkin karena anggaran APBD kita yang terbatas ditambah refocusing anggaran untuk penanganan Covid, makanya belum mendapat lampu hijau,” tutur Nazarudin.

Kendati tidak mendapat persetujuan, Nazarudin berharap di Perubahan Anggaran APBD Pemerintah, kebutuhan anggaran yang diperlukan tersebut bisa disetujui.
Karena perawatan tersebut dinilai sangat urgent, apalagi diprediksi kasus pandemi Covid di Kabupaten Malang yang terus menurun, maka akan ada banyak event olahraga besar di selenggarakan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

“Harapannya seperti itu ya , salah satu event besar seperti Poprov, ditahun 2024 mendatang kan Kabupaten Malang jadi tuan rumah makanya pemeliharaan stadion ini kami nilai sangat urgent ya, minimal saat Porprov ,stadion Kanjuruhan sebagai salah satu venue nya dinilai sangat layak,” pungkas Nazarudin.

Pewarta : Sigit

Bagikan
Exit mobile version