Usai Pandemi, Upacara Budaya Grebeg Pancasila Kota Blitar Kembali Di Gelar Dengan Meriah

Blitar,mitratoday.com – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Kota Blitar atau sering di sebut Bumi Bung Karno, menggelar kegiatan spesial dan Meriah.

Acara yang dilaksanakan di sebut Bulan Bung Karno di mulai dengan kegiatan Grebeg Pancasila yang pada 31 Mei 2022 malam, yaitu Bendholan Pusaka dan Pawai Lentera.

Pelaksanaan di lakukan siswa-siswa SMP dan SMA dengan membawa Lentera yang di buat bermacam-macam bentuk. Selanjutnya Malam Tirakatan Grebeg Pancasila dan Rangkaian Acara Bulan Bung Karno berakhir pada Tanggal 26 Juni 2022 dengan acara Bung Karno Run.

Tepat tanggal 1 Juni 2022, Pemerintah Kota Blitar menggelar Upacara Grebeg Pancasila dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Kota Blitar berlangsung meriah. Selain itu, ada juga Pawai Gunungan Lima dan sejumlah pertunjukan Seni Budaya.

Upacara Hari Lahir Pancasila tersebut di hadiri, Bupati Blitar, Wali Kota Malang, Bupati Malang, Perwakilan Bupati Trenggalek, Bupati Tulungagung, Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil III Malang, Forkompinda Kota Blitar, Pimpinan DPRD Kota Blitar Seluruh Camat dan Lurah serta undangan lainnya.

“Ini merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karena pada hari ini Bung Karno menyampaikan Pidato nya dalam sidang BPUPKI terkait Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.” Kata Wali Kota Blitar, Santoso.

Ia sampaikan bahwa penetapan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila, menambah gelora semangat Pemerintah dan masyarakat Kota Blitar untuk semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

“Tahun ini adalah pertama kita dapat merayakan hari Pancasila dengan meriah dan melibatkan banyak orang, setelah 2 tahun kita di Landa Pandemi. Saat ini Pandemi sudah relatif terkendali. Dengan mengusung tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, dengan semangat persatuan kita bersama-sama bangkit dari keterpurukan karena dampak Covid – 19 yang melanda Indonesia dan Dunia,” jelas Santoso.

Seluruh Rangkaian Kegiatan Bulan Bung Karno, Kata Santoso sejatinya merupakan penegasan ikrar dan Janji Setia Pemerintah serta seluruh masyarakat Kota Blitar pada Pancasila.

“Dari Bumi Bung Karno Kota Blitar ini, mari terus kita gelorakan nilai-nilai Pancasila. Wawasan Kebangsaan, dan Nasionalisme ke seluruh Bumi Nusantara. Karena Pancasila milik kita semua, dan milik seluruh bangsa Indonesia.” Pungkasnya.

Nilai-nilai luhur Pancasila, tegas Santoso harus di hadirkan secara nyata dalam kehidupa. Pancasila harus terus menjadi nilai-nilai yang hidup dan pekerja dalam kehidupan.

“Nilainya pekerja dalam kebijakan dan keputusan Pemerintah Kota Blitar, dan nilai yang hidup terus dan bergelora dalam semangat warga masyarakat Kota Blitar,” Tegas Wali Kota.

Setelah Upacara, di lanjutkan dengan Kirab Gunung Lima dan di akhiri Kenduri Pancasila di Area Makam Bung Karno.(Adv-Kmf-Novi).

Bagikan
Exit mobile version