DaerahHeadlineSulawesiSumatera Utara

Dukung Supremasi Hukum, Media Massa Harus Miliki Point Penting Berdasar Kemerdekaan Pers

Sulawesi Utara | Mitratoday.com – Gathering Mass Media Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setdaprov Sulut, bertempat di Sintesa Peninsula Hotel Manado Jumat (18/7/2017) dibuka secara resmi Asisten III Setdaprov. Sulut mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey.
Asisten III Setdaprov Sulut Royke Roring dalam sambutannya mewakili Gubernur Olly Dondokambey mengatakan saat media massa dalam perkembangannya sudah semakin maju dan berkualitas walaupun mengalami berbagai dinamika dan pasang surut serta diperadabkan dengan tantangan dan perjuangan diantaranya kebebasan pers dan demokrasi yang semakin kita rasakan, dimana hari ini turut dikontribusikan dengan kerja keras insan pers dan media massa.
“Hari ini perlu ditunjang dan didukung kebebasan media massa yang profesional, berintegritas dan menjujung tinggi nilai etika pers, supremasi hukum serta hak asasi manusia,” ungkapnya.
Lanjutnya, media masa dan pers yang bebas tidak bisa dilepaskan dari tanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkokoh persatuan kesatuan, membentuk kepribadian bangsa serta mengupayakan keamanan hak pengguna sarana dan prasarana komunikasi dan informasi.
“Ada beberapa hal yang bernilai konstrutif antara lain media massa dan pers mempunyai peran penting dalam memenuhi masyarakat untuk mendapat informasi yang tepat akurat dan benar, hal ini yang akan mendorong tegaknya keadilan dan kebenaran dalam rangka mewujudkan supremasi hukum menuju masyarakat yang tertib. Yang kedua, disamping itu salah satu fungsi media massa sebagai media komunikasi antara pemerintah dan masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang akan dan telah ditetapkan sekaligus sebagai sarana input dari masyarakat kepada pemerintah provinsi Sulut sehingga mewujudkan komunikasi yang efektif dalam mencapai terjalinya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Dan ketiga, media massa dan pers dihimbau untuk berperan sebagai wahana komunikasi massa dan penyebar informasi dalam bentuk opini dengan harapan dapat melaksanakan asas, fungsi hak kewajiban dan peranannya dengan sebaik-baiknya berdasarkan kemerdekaan media massa dan pers yang profesional sehingga harus mendapat jaminan dan hukum,” ungkapnya
Sebelumnya Plt Karo P-KKP Setdaprov Sulut, Clay Dondokambey dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama antara Pemprov Sulut dengan jajaran mass media yang ada di Sulut untuk membangun hubungan kerjasama dan membangun tim yang solid antar pemerintah dan jajaran ASN.
“Adapun tujuan kegiatan ini yang pertama, meningkatkan sinergitas antara Pemprov Sulut dengan media massa yang ada di daerah ini. Dan yang kedua, meningkatkan peran humas sebagai corong pemerintah dalam konteks pemberitaan yang mampu memainkan nilai – nilai edukasi bagi masyarakat luas serta mass media sebagai media yang mempublikasi berita di lingkungan pemerintah provinsi Sulut.
Kegiatan ini menampilkan pembawa materi sekaligus narasumber seperti:  Ketua Dewan Pers Josep Adi Prasetyo, Ferry Liando Pakar Politik dan Komunikasi Sulawesi Utara (Sulut) serta Kabag Humas Biro P-KKP Setdaprov Sulut Roy Saroinsong.(Isksulut)

Area lampiran
Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button