Kadis Capil SBB: Sudah Tiga Minggu Tidak Ada Pelayanan

Pewarta: Ekdar Tella

Maluku,Mitratoday.com-Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat yang datang mengurus pelayanan identitas diri di Kantor Capil SBB harus gigit jari. Sebab sistem jaringan atau server mengalami gangguan sehingga proses pencatatan identitas diri terganggu.

Adnan (28) warga Desa Soleh Kecamatan Huamual Belakang mengatakan dirinya sengaja datang ke Kantor Capil SBB untuk mengurus pencatatan identitas diri, yakni Akta Kelahiran. Namun, berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Catatan Sipil bahwa server mengalami gangguan. Dirinya pun harus balik haluan saa mendengar alasan Kepala Dinas Capil Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Terpaksa saya harus kembali lagi. Ucap Pria berkulit hitam itu saat mendengar kata Kadis jika ada gangguan pada jaringan. Sehingga pelayanan perekaman KTP el dan lain lain belum bisa. Bukan itu saja, tapi semua pelayanan pencatatan diri,” katanya saat ditemui di Kantor Capil SBB, Kamis (22/10/2020).

Hal demikian juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Catatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat, D Ahiyate saat di temui awak media di hari yang sama.

Ahiyate dalam paparannya,ia menjelaskan bahwa sudah tiga minggu pelayanan kependudukan terbengkalai akibat masalah jaringan yang tidak mendukung proses kerja pegawai dan operator capil namun, ia sementara mengupayakan agar segera teratasi agar pelayanan kembali membaik/

“Jaringan cukup parah masalah Server ,sampai sampai kami kesulitan bekerja maksimal.”Ujar Ahiyate.

“Kami sudah memberikan pemberitahuan di depan kantor dan di desa desa kepada masyarakat agar masyarakat yang hendak melakukan pengurusan mengenai data pribadi dalam hal ini pembuatan KTP dan lain lain dapat mengetahuinya.meski begitu, Ahiyate yakin jika sebagian masyarakat juga belum mengetahui himbauan serupa.”Sambungnya.

Sebagai bentuk pemberitahuan secara online dan ofline, ahiyate juga membutuhkan peranan media untuk mempublikasikan masalah pelayanan capil SBB yang di hentikan sementara sejak tiga minggu yang lalu.

Ia juga berharap masyarakat yang ingin berurusan di capil SBB agar sabar sejenak hingga masalah jaringan server di capil teratasi dalam waktu terdekat. karna menururnya, dari pihak Telkomsel sudah datang mengecek apa saja yang nantinya di perbaiki.

“Sementara mengenai peralatan yang rusak sudah di perbaiki dan sudah di datangkan dari Jakarta, dan mungkin dalam waktu dekat pelayanan membaik.”Tutup Ahiyate

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
error:
Close
Close