logo22019.png

Lodewik Pusung Apresiasi Latihan Tanggap Darurat Gunung Berapi

Tomohon, mitratoday.com – Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Wawali Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menyambut kunjungan Asisten operasional (As’ops) Panglima TNI Mayjen TNI Lodewik Pusung, adalah dalam rangka menghadiri kegiatan latihan Kesiapsiagaan oprasional Kodam XIII/Merdeka TA 2017 yang digelar di Stadion Parasamya Tomohon, Selasa (28/11/2017).

Kegiatan kali ini bertemakan Korps TNI Wilayah Kodam XIII/MDK membantu Pemda Sulut, dan Gorontalo,khususnya Kota Tomohon dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana erupsi gunung berapi.

Wawali SAS kesempatan itu mengapresiasi pihak TNI yang sudah memilih Kota Tomohon untuk dijadikan lokasi latihan. “Kami Pemerintah Kota Tomohon memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI karena sudah menyelenggarakan aksi tersebut, hal ini memberi dampak positif bagi masyarakat Kota Tomohon sehingga ketika ada bencana erupsi gunung lokon, masyarakat sudah mengerti dalam meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan”, ungkap Sompotan didampingi Sekot Ir Harold Lolowang MSc bersama instansi terkait.

Sementara itu Mayjen TNI LodewikPusung selaku As’Ops Mabes TNI, dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya latihan ini semoga akan sangat bermanfaat dalam mengantisipasi ketika ada letusan gunung berapi, apalagi Kota Tomohon memiliki gunung berapi Lokon yang berpotensi erupsi kapan saja.

“Disisi lain kami berharap bencana erupsi gunung lokon tidak terjadi, saat paparannya agar semua stakeholder yang terlibat dalam latihan ini harus paham, dalam rumusannya harus tertuang dalam Protap (Pergub) yang harus terus disosialisasikan, kepada yang berdampak pada yang terkena akibat erupsigunung berapi, Lebih dari itu diungkapkannya “Koordinasi” penting, dengan tujuan untuk meminimalisir korban jika terjadinya erupsi gunung berapi, seperti yang pernah terjadi sebelumnya pada letusan sangat dasyat pada tahun 1991 lalu.

“Terima kasih atas penyambutannya sekaligus keterlibatan Pemkot Tomohon dan seluruh Stakeholder dalam kegiatan ini”, Tegasnya

Tampak hadir dalam latihan Kasrem, Asisten Kasdam, kasi korem 13, Kabalak Dam XiII/Mdk, pengawas dari mabes TNI, Kapendam Kodam XIIIMerdeka, Adi surya, Jajaran TNI, Tagana, Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK dan Jajaran.

Laporan : Effendy Iskandar

Bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button
Close
Close