ArtikelHeadlinependidikan

Tips Memanajeman Keuangan bagi Mahasiswa

Oleh : Yosisita Narayana

Mengatur keuangan merupakan hal yang sederhana namun masih banyak orang yang lalai bahkan tidak melakukan hal tersebut. Bagi mahasiswa mengatur keuangan bukanlah hal yang sulit, mudah memang jika kita masih mendapatkan uang saku dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Namun bagaimana jika kita sudah tidak mendapatkannya? Atau mahasiswa rantauan yang bahkan jauh dari sanak keluarga?

Berikut beberapa tips penting dalam mengatur keuangan khususnya bagi mahasiswa :

  1. Membuat Rencana Anggaran Keuangan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaranmu selama sebulan. Atur dengan baik akan tidak terjadi “Lebih besar pasak daripada tiang”yang artinya pengeluaran tidak sebanding dengan pendapatan. Namun apabila kenyataannya pengeluaranmu melebihi pemasukan, kamu bisa memangkas biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting. Lakukan evaluasi pengeluaranmu setiap bulannya.

  1. Penyimpanan

Menabung merupakan hal yang sangat penting dan akan berguna dikemudian hari, selalu prioritaskan tabungan saat menerima pemasukan. Tabungan yang baik adalah 30%  dari pemasukan perbulannya, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

  1. Manfaatkan Sumber Pemasukan

Manfaatkan sumber pemasukan untuk mencoba usaha kecil-kecilan ataupun mencoba berinvestasi dengan modal kecil. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu senggang untuk bekerja sampingan seperti freelance atau kerja part time, untuk menambah pemasukanmu.

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Gaya hidup konsumtif dan hedonis memaksa kita untuk tampil fasionable sesuai dengan perkembangan saat ini.Untuk menghindari hal tersebut, mulailah membuat list kebutuhan dan keinginanmu, namun fokus dan prioritaskan barang barang yang kamu butuhkan terlebih dahulu.

  1. Jaga Pola Makan

Pola makan yang baik akan membuatmu memiliki tubuh yang sehat pula, terutama mahasiswa rantauan yang jauh dari sanak saudara. Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus kamu saat sedang sakit, tugas-tugas dan kegiatan kuliah kamu pun akan terbengkalai nantinya. Belum lagi kamu harus periksa ke dokter dengan biaya yang tidak murah. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan itu terjadi, ada baiknya kamu jaga kesehatan dengan selalu memperhatikan pola makan dan tidak jajan sembarangan. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga minimal seminggu tiga kali agar badan selalu sehat dan fit.

Masih banyak mahasiswa yang menyepelekan pengelolan keuangan yang akhirnya membuat mereka mengalami situasi kehabisan uang saku yang tidak dapat dihindari, maka dari itu pentingnya kamu berlatih untuk mengatur keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran yang rutin kamu gunakan setiap bulannya. Agar kondisi keuanganmu tetap sehat dan tidak meminta uang saku tambahan pada orang tua.

Penulis adalah Yosisita Narayana Mahasiswi Universitas Pamulang

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button