Bengkulu SelatanDaerahHeadlinependidikan

6880 Siswa Penerima PIP di Bengkulu Selatan Segera Dicairkan

Bengkulu Selatan,mitratoday.com – Sebanyak 6880 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menerima Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahap satu dari Hj Dewi Coryati MSi. Ditargetkan Beasiswa PIP tersebut akan diterima sebanyak 100 ribu siswa di seluruh Provinsi Bengkulu.

Penyaluran Beasiswa PIP tersebut dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati yang dihadiri langsung oleh Hj Dewi Coryati MSi yang merupakan Anggota Komisi X DPR RI yang disambut Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE MM didampingi Ketua TP PKK Bengkulu Selatan Nurmalena Gusnan, Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Selatan Novianto, S,Sos, Msi dan seluruh Wali Murid penerima Beasiswa PIP, Selasa 11 Juli 2023.

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE MM menyambut baik dan mengapresiasi Dewi Coryati yang telah menyalurkan beasiswa PIP kepada siswa. Sebab beasiswa PIP yang diusulkan pihaknya dapat direalisasikan oleh Dewi Coryati untuk meringankan beban biaya pendidikan bagi warga kurang mampu dan bahkan untuk kuotanya ditambah.

“Kami berharap beasiswa ini bisa dipergunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan anak bersekolah, seperti pembelian baju, buku, sepatu, tas dan sebagainya,” ujar Gusnan saat memberikan kata sambutannya.

Lebih lanjut Gusnan dengan tegas mengingatkan, kepada pihak sekolah yang siswanya menerima beasiswa PIP untuk tidak dilakukan pemotongan. Jika nanti ditemukan adanya pemotongan dana beasiswa yang diterima, pihak sekolah akan diberikan sanksi, yaitu sanksi pemberhentian bagi oknum yang melakukan pemotongan dana beasiswa.

“Tidak ada yang namanya pemotongan beasiswa yang diterima siswa. Wali murid kami minta jangan ragu untuk melaporkan jika ada pemotongan dana beasiswa,” tegas Gusnan.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPRD RI, drh Hj. Dewi Coryati MSi mengatakan, jumlah penerima PIP tahap satu untuk SD ada sebanyak 1477 orang dan nominasi 2575 orang. Sedangkan SMP ada sebanyak 982 orang dan nominasi 841 orang. Kemudian jenjang SMA sebanyak 153 orang dan nominasi 707 orang dan untuk tingkat SMK pemberian 41 orang dan nominasi 103 orang.

“Untuk beasiswa PIP di Bengkulu Selatan tahap 2 nantinya kita direncanakan mencapai 7000 lebih siswa penerima beasiswa PIP,” katanya.

Dewi menjelaskan, dari usulan beasiswa PIP yang masuk sebelumnya hanya sekitar 5 persen yang tidak terverifikasi. Namun tidak terverifikasinya penerima beasiswa PIP tersebut bisa dipastikan bukan kesalahan dari pihaknya, melainkan data yang dikirim tidak menjawab dari sistem.

“Ada beberapa hal data yang tidak terjawab oleh sistem, seperti contohnya siswa tersebut memiliki orang tua yang pekerjaannya sebagai pensiunan ASN. Walaupun orang tuanya hanya golongan yang paling rendah dan adanya siswa yang sudah pernah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), itu yang tidak terverifikasi juga sebagai penerima Beasiswa PIP,” jelasnya.

Dewi juga mengungkapkan, masih terus memperjuangkan para siswa di Provinsi Bengkulu untuk menerima Beasiswa PIP, khususnya di Bengkulu Selatan. Untuk Kecamatan Manna 773 anak, Kecamatan Seginim 1556, Kecamatan Pino 422, Kecamatan Kota Manna 2420, Kecamatan Pino Raya 771, Kecamatan Kedurang 425, Kecamatan Bunga Mas 133, Kecamatan Pasar Manna 901, Kecamatan Kedurang Ulu 305, Kecamatan Air Nipis 401 dan kecamatan Ulu Manna 224.

“Sehingga total yang bisa kami perjuangan mendapatkan PIP sebanyak 7953 anak, yang mana semuanya sudah memenuhi persyaratan dan kami targetkan 100 ribu orang di Provinsi Bengkulu,” pungkasnya.

Pewarta : Julian

Bagikan

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button