Home » Advertorial » Air Terjun Curug Panjang Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Musi Rawas

Air Terjun Curug Panjang Destinasi Wisata Andalan Kabupaten Musi Rawas

Musirawas, mitratoday.com – Berkat sentuhan tangan Pemerintah mengembangkan objek wisata Air terjun Curug Panjang yang terletak di Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan ini menjadi salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Musirawas.

Selain bisa menikmati gemericik air terjun, suasana sekeliling lokasi wisata ini relatif masih alami, layaknya sebuah lokasi wisata alam, disekelilingnya terdapat hutan dan areal perkebunan warga setempat sehingga suasananya cukup menyejukkan mata.

Selain bisa menikmati gemericik air terjun, suasana sekeliling lokasi wisata ini relatif masih alami, mata juga dimanjakan dengan panorama alam sekeliling lokasi. layaknya sebuah lokasi wisata alam, disekelilingnya terdapat hutan dan areal perkebunan warga setempat. Sehingga suasananya cukup menyejukkan mata.

Air terjun Curug Panjang yang dahulunya biasa-biasa saja, setelah dikunjungi Bupati Kabupaten Musi Rawas, H. Hendra Gunawan, kini wisata alam ini menjadi salahsatu tempat favorit bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas, warga Kota Lubuklinggau dan juga warga kabupaten sekitar untuk untuk berlibur.

Curug Panjang ini jika dilihat secara visual mirip dengan Niagara Mini, karena panjang terjunan air lebih dari 70 meter ditambah susunan batu yang sangat eksotik dan tersusun secara alami mempunyai daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung dan berlibur ke wisata air terjun ini. Selain itu air terjun ini yang terbentuk dari keunikan bebatuan besar atau napal sungai yang “terbelah” ini panjangnya sekitar 40 meter dengan ketinggian sekitar kurang lebih empat meter ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi penyuka wisata alam.

Selain ksotisme panorama alamnya yang masih alami, lokasinya relatif mudah dijangkau, dengan kondisi jalan yang relatif baik. Untuk mencapai lokasi obyek wisata ini Cuma dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Ibu Kota Musi Rawas, Muara Beliti.

Mulai tertatanya lokasi wisata air terjun Curug Panjang ini menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk berkunjung kesini. Kini wisata air terjun ini cukup banyak masyarakat datang ke lokasi ini mengisi liburan bersama keluarga.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan, belum lama ini menyatakan, air terjun Curug Panjang ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan banyak dikunjungi wisatawan.
Karena selain cukup mudah didatangi, juga memiliki panorama alam yang sangat eksotik.

“Saya meminta instansi terkait agar segera membuat perencanaan pengelolaan obyek wisata Curug Panjang ini, dengan melibatkan pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan masyarakat setempat,” kata H Hendra Gunawan saat mengunjungi lokasi Curug Panjang.

Kedepan kata H. Hendra Gunawan, Desa Durian Remuk akan ditetapkan sebagai desa wisata dan Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Musirawas.

Dikatakan Bupati, wisata alam merupakan salah satu daya tarik wisata daerah, nasional maupun manca negara dalam bentuk sumberdaya alam maupun budaya. Untuk mendukung itu, Bupati meminta instansi terkait agar segera melakukan perencanaan pengembangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan membuat perencanaan pengelolaan obyek wisata curug tinggi dengan melibatkan pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam karang taruna dan masyarakat agar obyek wisata ini dapat menjadi salah satu destinasi unggulan didaerah ini.

“Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga alam dan fasilitas yang ada. Salah satunya air terjun Curug Panjang sebagai wisata alam yang berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Musirawas,” ujarnya. (Adv/Anas)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.