Home » Daerah » Pelatihan Bela Negara, Berikut Paparan Kodim 0412 Lampura

Pelatihan Bela Negara, Berikut Paparan Kodim 0412 Lampura

Lampung Utara,Mitratoday.com- Kodim 0412 Lampung Utara (Lampura) gelar kegiatan pelatihan Bela Negara Untuk mempererat Persatuan dan Kesatuan Seluruh Pemuda serta Ormas Kepemudaan Demi Kemajuan Kabupaten Lampung Utara yang Aman Maju, Sejahtera dan Agamis.

Dimana kegiatan berlangsung dia Aula Adi Guna Makodim 0412/LU jalan Letjend Alamsyah Ratu Prawira Negara (RPN) Kelurahan Kelapa tujuh Kecamatan Kota Bumi Selatan Kabupaten Lampung Utara,Rabu (23/04/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Utara H.Agung Ilmu Mangkunegara,S.STP., MH yang mana diwakili  Asisten I Bapak Yujar,Dandim 0412/LU Letkol Inf.Krisna Pribudi,Kesbangpol Syadar Manaf SPD.MM,pasi Ops Kodim 0412/LU Lettu Inf. Jauhari.

Sebagai pelatih dan pengisi materi  Pasi Ter Kodim 0412/LU Kapten Inf Harpian berserta empat orang anggota pendamping diantaranya Pelda Herman,Pelda Dodi, Pelda sukardi, dan Srd Syahrudin.
SMA N 1 Kota Bumi Kab. LU,SMA N 3 Kota Bumi Kab. LU,SMA N 2 Kota Bumi Kab. LU,SMA N 4 Kota Bumi Kab. LU,Madrasah Qudsiyah Kota Bumi Kab. LU,SMK Nusantara Kotabumi Kab. LU,Kes Bangpol Kota Bumi Kab. LU,PPM Kotabumi Kab. LU,Pemuda Pancasila Kotabumi Kab.  LU,FKKPI  Kotabumi LU,Pol PP Kab. LU, Hadir dalam perlatihan bela Negara di Makodim 0412/LU -+. 250 org.

Dalam sambutan Dandim 0412/LU mengajak dan menghimbau kepada seluruh pemuda pemudi generasi muda dan ormas serta masyarakat agar selalu peka dan perduli akan perkembangan jaman.”Harus tau apa makna dan Maksud tujuan bela negara,”Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara, serta Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya,” ungkapnya.

Selain itu dia menjelaskan tentang Bela Negara,Pengertian, Unsur, Fungsi, Tujuan Dan Manfaat Bela Negara Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut.

“Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan,”Katanya.

Lanjutnya,Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

Unsur Dasar Bela Negara di dalam proses pembelaan bangsa, ada beberapa hal yang menjadi unsur penting, diantaranya adalah : Cinta Tanah Air Kesadaran Berbangsa & bernegara Yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara Rela berkorban untuk bangsa & Negara Memiliki kemampuan awal bela Negara.

Selain itu Kodim 0412/LU menjelaskan Beberapa dasar hukum dan peraturan tentang Wajib Bela Negara : Tap MPR No.VI Tahun 1973 tentang konsep Wawasan Nusantara dan Keamanan Nasional. Undang-Undang No.29 tahun 1954 tentang Pokok-Pokok Perlawanan Rakyat.Undang-Undang No.20 tahun 1982 tentang Ketentuan Pokok Hankam Negara RI. Diubah oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1988. Tap MPR No.VI Tahun 2000 tentang Pemisahan TNI dengan POLRI. Tap MPR No.VII Tahun 2000 tentang Peranan TNI dan POLRI. Amandemen UUD ’45 Pasal 30 ayat 1-5 dan pasal 27 ayat 3. Undang-Undang No.3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.Undang-Undang No.56 tahun 1999 tentang Rakyat Terlatih.

Tujuan bela negara, diantaranya:

1. Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara

2. Melestarikan budayaMenjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945

3. Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara.

4. Menjaga identitas dan integritas bangsa/ negara

Sedangkan fungsi bela negara, diantaranya:

– Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman; Menjaga keutuhan wilayah negara :

– Merupakan kewajiban setiap warga negara merupakan panggilan sejarah.

Beberapa manfaat yang didapatkan dari bela negara:

1. Membentuk sikap disiplin waktu,aktivitas,dan pengaturan kegiatan lain.

2. Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama rekan seperjuangan.

3. Membentuk mental dan fisik yang tangguh.

4. Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai dengan kemampuan diri.

5. Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok.

6. Membentuk Iman dan Taqwa pada Agama yang dianut oleh individu.

7. Berbakti pada orang tua, bangsa, agama.

8. Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan.

9. Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin.

10. Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antar sesama.

Contoh bela negara dalam kehidupan sehari-hari di zaman sekarang di berbagai lingkungan:

– Menciptakan suasana rukun, damai, dan harmonis dalam keluarga. (lingkungan keluarga)

– Membentuk keluarga yang sadar hukum (lingkungan keluarga)

– Meningkatkan iman dan takwa dan iptek (lingkungan sekolah)Kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah (lingkungan sekolah)

– Menciptakan suasana rukun, damai, dan aman dalam masyarakat (lingkungan masyarakat)

– Menjaga keamanan kampung secara bersama-sama (lingkungan masyarakat)

– Mematuhi peraturan hukum yang berlaku (lingkungan negara)

– Membayar pajak tepat pada waktunya (lingkungan negara)

Itulah penjelasan bela negara dengan fungsi dan tujuan mengapa bela negara dilakukan, semoga dengan melakukan hal itu manfaat nya bisa dirasakan dan bisa menjadi salah satu bagian dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini.

Ditempat yang sama Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara yang diwakili Asisten I  Yujar mengatakan Pelatihan bela negara yang telah dilaksanakan pihak pemerintah kabupaten Lampung Utara dan bekerjasama dengan pihak Kodim 0412/LU guna menyikapi perkembangan jaman dan perkembangan teknologi saat ini.”untuk itu pemerintah sangat konsen menyikapi dan mengharapkan bagi seluruh generasi muda agar mengerti dan tanggap akan perkembangan bangsa saat ini,” ungkapnya.
Dimana kegitan bela negara tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

(elva)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

19 − ten =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.