Walikota Blitar Santoso : 14 Februari Tonggak Bersejarah Masyarakat Kota Blitar, Momentum Cinta Tanah Air

Blitar,mitratoday.com – Pemerintah Kota Blitar menggelar Upacara bertempat di halaman Kantor Wali Kota Blitar, Selasa (14/02/2023) pagi.

Sebagai inspektur upacara adalah Walikota Blitar Drs Santoso M.Pd dan peserta seluruh ASN di lingkup Pemkot Blitar dengan mengenakan kostum prajurit PETA, TNI-Polri, Pelajar, Mahasiswa serta dari jajaran Forkopimda Blitar Raya.

Wali Kota Blitar Drs. Santoso dalam sambutannya menyebutkan, tanggal 14 Februari merupakan tonggak bersejarah bagi masyarakat Kota Blitar, dan bagi Bangsa Indonesia.

“Tanggal 14 Februari 1945 atau 78 yang lalu, Sdc. Supriadi dengan semangat cinta tanah air, tentara PETA Blitar yang dipimpin oleh Sudanco Supriadi telah membuktikan rasa cinta pada tanah air ini, melakukan pemberontakan terhadap tentara Jepang,” ucap Walikota Blitar Santoso.

Dituturkan lebih lanjut oleh Walikota Blitar, Pemberontakan PETA dilakukan pada pukul 03.00 dini hari, sebuah pemberontakan terjadi di Kota Blitar tercinta yang dikenal dengan pemberontakan PETA Blitar. Heroik semangat tentara PETA Blitar telah menunjukkan bahwa sejak Bangsa Indonesia belum merdeka, tentara PETA Blitar sudah memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dan jiwa rela berkoban demi Negara dan Bangsa.

“Hari ini adalah merupakan momentum perjuangan PETA yang kita peringati dengan sangat istimewa. Pemerintah Kota Blitar secara resmi telah menetapkan tanggal 14 Februari sebagai Hari Cinta Tanah Air melalui peraturan Walikota nomor 10 tahun 2023 tentang perubahan atas peraturan Walikota nomor 9 tahun 2010 tentang peringatan hari-hari bersejarah di Kota Blitar.” Bebernya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Pemkot Blitar ini berharap dengan ditetapkannya tanggal 14 Februari sebagai Hari Cinta Tanah Air dan pengembangan kawasan monumen PETA, masyarakat Kota Blitar dapat melanjutkan nilai- nilai perjuangan PETA, memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

“Masyarakat Kota Blitar, mari kita meneladani semangat perjuangan PETA, jangan melupakan sejarah sedetik pun, Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri,” Pungkasnya.

Melalui peringatan hari Pembela Tanah Air (PETA) agar dijadikan momentum bagi generasi muda tetap kompak bersatu mengisi dan meneruskan cita-cita pahlawan Sdc. Supriadi. Menandai peringatan Hari Cinta Tanah Air. (ADV/kmf/Novi)

Bagikan
Exit mobile version