Bahas Soal Inflasi, TPID Sergai Gelar High Level Meeting

Sei Rampah,mitratoday.comPerekonomian global terus diwarnai dengan meningkatnya inflasi di tengah pertumbuhan yang di perkirakan lebih rendah dari proyeksi tahun sebelumnya.

Berlanjutnya ketegangan geopilitik yang disertai dengan pengenaan sanksi yang lebih luas dan kebijakan “zero Covid-19” di Tiongkok, menahan perbaikan gangguan rantai pasokan dan berdampak pada peningkatan ketidakpastian global.

Pernyataan tersebut di sampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai, H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP dalam sambutannya di High Level Meeting pada Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah yang Dituangkan Dalam Peta Jalan 2022-2024, Kamis (30/6/2022).

“Gangguan dari sisi suplai tersebut juga disertai dengan meluasnya kebijakan proteksionisme, terutama pangan oleh berbagai negara. Kemudian mendorong tingginya harga komoditas global yang berdampak pada peningkatan terhadap inflasi global.” Kata Adlin.

Selanjutnya pada triwulan II 2022, Adlin sampaikan bahwa perkembangan indeks harga konsumen mengalami inflasi.

“Hal ini terjadi karena adanya kenaikan harga-harga dari kelompok makanan, minuman dan kelompok lainnya, khususnya pada komoditas utama penyumbang inflasi. Antara lain bawang merah, cabai merah dan minyak goreng. Semua mengalami kenaikan sejak bulan April sampai dengan bulan Juni 2022.” Ujarnya.

Menjelang hari raya Idul Adha, Adlin mengatakan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku dan Lumpy Skine Desease yang sekarang menyerang ternak sapi di Sergai tentu menjadi permasalahan serius.

“Hal ini harus menjadi perhatian bersama selaku TPID Kabupaten Sergai, agar membuat langkah-langkah tepat, cepat, dan akurat untuk mengendalikan inflasi serta melaksanakan operasi pasar bersama tim dalam upaya menjaga stabilitas harga dipasaran, sinergi, komitmen dan koordinasi lintas OPD sangat dibutuhkan agar stabilitas harga bisa terkontrol di pasaran.” Paparnya.

Terakhir Adlin Tambunan mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara atas dukungan yang diberikan selama ini. 

“Apresiasi juga kepada semua tim yang tergabung dalam TPID Kabupaten Sergai serta seluruh undangan semoga upaya kita mengendalikan inflasi dan rangkaian ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat dengan ridho Allah,” pungkasnya.

Pewarta : Marwan

Bagikan
Exit mobile version